Workshop LINUX dengan tema “Membangun Server LINUX dengan UBUNTU“telah berlangsung di Kota Palopo pada tanggal 17-18 Desember 2011 di Gedung Serbaguna Kampus II Universitas Cokroaminoto Kota Palopo dengan Pemateri Arman Satari, Direktur Mosaic Itindo Makassar sekaligus Ketua Korwil Region Timur Relawan TIK Indonesia .

Workshop LINUX 2011 ini terselenggara atas kerjasama Universitas Cokroaminoto Fakultas Teknik Komputer dengan Relawan TIK Kota Palopo serta LP2TI Klinik Computer Palopo. Diikuti 110 peserta yang terbagi dalam dua sesi, 50 peserta pada tanggal 17 Desember 2011 dan 60 peserta pada tanggal 18 desember 2011. Peserta Workshop LINUX berasal dari berbagai kalangan pemerhati Program LINUX di Kota Palopo (pelajar, mahasiswa, Pendidik).

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo, Dra. Rusdiana Junaid, M.Hum, M.A, mengatakan : “Fakultas menyambut baik adanya program workshop LINUX ini, kami berharap apa yang disampaikam pemateri nantinya dapat diterapkan dalam bidang teknologi pembuatan WebServer dengan menggunakan program LINUX(Ubuntu)”.

Ketua Panitia Workshop LINUX 2011, Suhandi Yusuf, S.Pd, M.Pd, menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya atas terlaksananya wokshop LINUX 2011 kepada Relawan TIK Palopo, LP2TI Klinik Computer dan Para Peserta. Beliau berharap dimasa yang akan datang workshop LINUX seperti ini akan lebih di sering dilakukan guna memperkenalkan program LINUX (Ubuntu) Open Source kepada kalangan luas.

Ketua Relawan TIK Palopo, Ramlan, S.Kom, M.Si, menyatakan : “Setelah worksop LINUX 2011 ini terlaksana, Relawan TIK Palopo pada kesempatan yang akan datang, akan membuat program-program sesuai dengan Visi dan Misi Relawan TIK Indonesia seperti : sosialisasi Internet Sehat dan Kompetisi Blogger se Luwu Raya, kami harap partisipasi dari semua pihak pemerhati teknologi informasi di daerah ini “

(Toto Sudarmongi)