Pada dasarnya, sebuah blog yang baik tidak jauh berbeda dengan sebuah situs web yang baik karena sebenarnya karakteristik website dengan weblogitu tidak jauh berbeda.

Begitu juga dengan faktor-faktor yang membuat sebuah blogmenjadi lebih baik, di antaranya:

1.Kecepatan
Beberapa survei menyatakan bahwa kita hanya memiliki waktu 10-30 detik untuk menarik perhatian pembaca. Dengan demikian, kalau website yang kita rancang terlalu berat, lenyap sudah peluang itu. Jadi, kurangi jumlah gambar atau animasi yang terpasang di blog atau compress ke ukuran file yang lebih kecil. Pilihlah layanan blog yang bagus.

2.Desain
Meskipun kita bersikeras beranggapan jangan menilai orang dari bentuk luarnya, di dunia cyber tidak demikian. Orang akan menilai apakah anda bonafide (Base on KBBI) atau tidak dari penampilan web anda. Cobalah untuk menampilkan desain terbaik, tulisan yang enak dibaca, warna yang tidak terlalu mencolok mata pembaca, dan sebuah foto terbaik kita di dalamnya. Hal ini agar mereka yang membaca menganggap web itu dibuat oleh seseorang yang bertanggung jawab. Jadi, pilihlah template blog terbaik dari yang tersebar di internet atau desain sendiri template blog yang menarik.
3.Fokus
Kalau anda membuat web dengan fokus pada salah satu tema yang anda kuasai, tentunya lama-kelamaan anda akan semakin menguasai fokus anda tersebut. Pembaca akan dengan senang hati berkunjung ke blog anda dengan harapan menemukan sesuatu yang baru sesuai dengan keinginan mereka. Namun, kalau blog anda tidak fokus, pembaca pun akan berpikir bahwa anda bukanlah orang yang capable di bidang yang mereka cari, kecuali untuk blog jurnal pribadi yang memang bebas anda isi sesukanya.
4.Keyword
Keyword penting untuk kepopuleran web anda. Namun, banyak juga orang yang hanya berkonsentrasi pada keyword yang bagus, bahkan maha, anya untuk menjadi populer di search engine. Padahal, berdasarkan informasi yang saya ketahui, keyword bukanlah segala-galanya. Keyword memang penting, tapi bukan segala-galanya. Karena itu, keyword boleh diperhatikan, tapi tidak untuk membuat anda sedemikian risaunya.
5.Kredibilitas
orang-orang akan bolak-balik mengunjungi web atau blog anda jika mereka percaya pada anda. Jadi, jangan pernah rusak kepercayaan yang sudah mereka berikan kepada anda. Dengan jujur dalam menulis, perlahan web anda akan merangkak naik ke search engine.